Mahathir bersumpah tindak keras pelaku kerusuhan di kuil Hindu

Sebanyak 21 orang telah ditangkap akibat peristiwa ini

Mahathir bersumpah tindak keras pelaku kerusuhan di kuil Hindu

JAKARTA

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada Selasa bersumpah menindak keras mereka yang bertanggung jawab dalam kerusuhan kuil Hindu di Selangor, lansir Bernama.

“Para pelaku kejahatan yang terlibat dalam kerusuhan dan melukai personil keamanan dan merusak fasilitas publik akan ditindak secara keras sesuai hukum berlaku,” ujar Mahathir.

Mahathir juga menegaskan dalang di balik kejadian tidak akan lolos dari hukuman.

Mahathir menambahkan berdasarkan penyelidikan awal, tidak ada unsur rasial atau agama dalam insiden tersebut, meskipun kerusuhan ini terkait relokasi kuil Sri Maha Mariamman.

“Sekali lagi, saya tekankan bahwa kerusuhan ini adalah tindakan kriminal dan tidak ada kaitan dengan faktor lainnya,” kata dia.

Kerusuhan pecah di Malaysia saat dua kelompok terlibat bentrok yang dipicu perselisihan soal relokasi kuil Hindu di Selangor pada Senin.

Sekelompok umat dikabarkan tengah memprotes rencana pemindahan kuil berusia 100 tahun itu ketika diserang kelompok lainnya.

Sekitar 50 pria berada di kompleks kuil dan sekelompok pria berada di luar. Mereka meneriakkan penghinaan yang menyebabkan kerusuhan.

Polisi mencatat delapan belas mobil dan dua sepeda motor dibakar dalam insiden ini.

Sebuah mobil patroli polisi juga dirusak oleh batu yang dilemparkan saat terjadinya bentrokan.

Sebanyak 21 orang telah ditangkap akibat peristiwa ini.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA