KTT soal Suriah akan eksplor cara mencapai solusi politik

Turki mengharapkan KTT Istanbul yang akan diadakan Sabtu dapat membantu membentuk komite konstitusi, kata penasihat presiden

KTT soal Suriah akan eksplor cara mencapai solusi politik

DIYARBAKIR, Turki

KTT empat arah mengenai Suriah yang akan diadakan di Istanbul pada Sabtu akan fokus untuk menemukan cara mencapai resolusi politik di Suriah, penasihat kepresidenan Turki mengatakan pada Jumat.

Berbicara dalam sebuah kongres internasional di provinsi Diyarbakir, Ibrahim Kalin mengatakan "prioritas kami di KTT ini adalah untuk fokus terhadap cara-cara baru dalam mencapai solusi politik di Suriah, bukan yang berbasis militer."

Presiden Recep Tayyip Erdogan akan menjadi tuan rumah bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Erdogan secara khusus akan membahas pemeliharaan kesepakatan Idlib dan pencegahan pelanggaran yang dilakukan oleh rezim Bashar al-Assad, kata Kalin.

Turki mengharapkan KTT ini dapat membantu membentuk komite konstitusi, penasihat presiden menambahkan.

Ankara dan Moskow pada September sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi di provinsi Idlib, Suriah.

Berdasarkan kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi di Idlib akan tetap berada di daerah-daerah di mana mereka sudah menetap, sementara Rusia dan Turki melakukan patroli bersama di daerah itu dengan maksud mencegah kembalinya pertempuran.

Pada 10 Oktober, Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan bahwa oposisi Suriah dan kelompok-kelompok anti-rezim lainnya telah menyelesaikan penarikan senjata berat dari zona demiliterisasi Idlib.

Suriah baru saja mulai keluar dari konflik dahsyat yang dimulai pada 2011, ketika rezim Assad menindak keras para demonstran dengan keganasan yang tidak terduga.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA