Ketua kampanye Trump berbohong, langgar perjanjian pembelaan

Kantor Penasihat Khusus akan mengajukan laporan rinci yang menjelaskan "kejahatan dan kebohongan" apa saja yang dilakukan Manafort

Ketua kampanye Trump berbohong, langgar perjanjian pembelaan

WASHINGTON

Paul Manafort, mantan ketua kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump, terbukti berbohong kepada penyelidik beberapa kali dan melanggar kesepakatan yang dia tandatangani dua bulan lalu.

Kantor Penasihat Khusus yang dipimpin oleh Robert Mueller, mengajukan laporan ke Pengadilan Distrik AS di Washington yang menyebutkan bahwa Manafort telah melanggar perjanjian pembelaan dan meminta agar sidang dakwaannya tidak ditunda.

"Setelah menandatangani perjanjian, Manafort melakukan kejahatan federal dengan berbohong kepada Biro Federal Investigasi dan Kantor Penasihat Khusus mengenai sejumlah masalah," bunyi laporan tersebut.

Pada September, Manafort mengaku bersalah terhadap dua tuntutan pidana dalam kasus terpisah, menandai kemenanangan hukum bagi tim penasihat khusus yang menginvestigasi intervensi Rusia dalam Pemilihan Presiden AS 2016.

Kantor Penasihat Khusus mengatakan akan mengajukan laporan secara rinci untuk menjelaskan "kejahatan dan kebohongan" apa saja yang dilakukan Manafort.

Manafort saat ini dipenjara di Virginia, dan menghadapi dua tuntutan dari kantor Mueller: pertama, di Virginia yang menudingnya melakukan penipuan pajak dan bank; kedua, di Washington yang menuduhnya bertindak sebagai agen asing dan ilegal untuk Ukraina yang melancarkan pencucian uang.

Dia akan dijatuhi hukuman dalam kasus Virginia pada 8 Februari mendatang.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA