Idlib: Oposisi rezim Assad selesai lenyapkan senjata berat

Aktivitas Turki di Idlib sebagai bagian dari kesepakatan terus berlanjut untuk menjamin perdamaian yang berkelanjutan dan permanen

Idlib: Oposisi rezim Assad selesai lenyapkan senjata berat

ANKARA

Oposisi rezim Bashar al-Assad Suriah dan kelompok antirezim lainnya telah selesai melenyapkan senjata berat dari zona demiliterisasi di Idlib, Suriah.

Lewat sebuah pernyataan tertulis yang dirilis pada Rabu, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan bahwa Turki menyadari tanggung jawabnya sebagai negara penjamin perjanjian Sochi yang ditandatangani baru-baru ini.

"Aktivitas kami di Idlib sebagai bagian dari kesepakatan terus berlanjut untuk menjamin perdamaian yang berkelanjutan dan permanen," tambah pernyataan itu.

Bulan lalu, usai pertemuan antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, kedua negara sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi Idlib.

Ankara dan Moskow juga menandatangani nota kesepahaman yang menyerukan "stabilisasi" Idlib, di mana tindakan agresi dilarang keras.

Di bawah kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi di Idlib akan tetap berada di wilayah-wilayah kekuasaan mereka, sementara Rusia dan Turki akan melakukan patroli bersama di wilayah-wilayah tersebut untuk mencegah pertempuran baru.

Suriah telah menderita akibat konflik berkepanjangan sejak 2011, ketika rezim Assad menyerang kelompok demonstran dengan brutal

.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA