Hizbullah cela Israel soal Iran kendalikan Lebanon

Pemerintah baru Lebanon terdiri dari kekuatan politik dan Hizbullah adalah bagian darinya, ujar Hassan Nasrallah

Hizbullah cela Israel soal Iran kendalikan Lebanon

Sekretaris jenderal Hizbullah mencela Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu pada Senin karena mengatakan Iran mengontrol pemerintah baru Lebanon melalui kelompoknya.

Pemerintah baru Lebanon terdiri dari beberapa kekuatan politik dan Hizbullah adalah bagian darinya, ujar Hassan Nasrallah dalam pidato di televisi, menekankan Lebanon tidak dikontrol oleh Hizbullah.

Pernyataannya datang sebagai respon terhadap dugaan yang dibuat oleh Netanyahu pada Minggu.

"Iran memiliki beberapa proxi. Salah satunya adalah Hizbullah. Hizbullah telah bergabung dengan pemerintah Lebanon. Terdapat kekeliruan: mereka sebenarnya mengatur pemerintah Lebanon. Ini berarti bahwa Iran mengontrol pemerintah Lebanon," ujar Netanyahu, berbicara kepada 40 delegasi untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa sebelum mereka bergerak menuju perbatasan sebelah utara Israel untuk memeriksa salah satu terowongan perbatasan milik Hizbullah.

Seteleh beberapa bulan mengalami kebuntuan, Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri mengumumkan pada Kamis bahwa Lebanon telah memiliki kabinet yang baru.

Meskipun Lebanon telah melaksanakan pemilihan parlemen Mei lalu, Hariri tetap berjuang untuk membentuk pemerintah yang baru.

Proses untuk membentuk kabinet yang baru berulang kali tertunda karena pemimpin kekuatan politik saling tuduh dan meminta perwakilan yang lebih besar di kabinet.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA