Bangladesh protes ke Myanmar atas kedatangan pengungsi baru

Bangladesh sudah menampung 740.000 muslim Rohingya yang tiba Agustus 2017, menambah 300.000 yang telah melarikan diri dari kekerasan sebelumnya di Rakhine

Bangladesh protes ke Myanmar atas kedatangan pengungsi baru

JAKARTA

Bangladesh memprotes Myanmar atas gelombang baru pengungsi yang melarikan diri dari negara bagian Rakhine setelah bentrokan antara pasukan keamanan dan kelompok pemberontak, kata seorang pejabat Rabu dilansir Channel News Asia.

Kementerian Luar Negeri Bangladesh memanggil duta besar Myanmar Selasa malam untuk memprotes kedatangan pengungsi dari Rakhine, yang sudah terkenal setelah tindakan keras militer terhadap Muslim Rohingya pada Agustus 2017 dan mengirim lebih dari 700.000 orang melintasi perbatasan.

Para pendatang baru berasal dari Buddha Rakhine dan kelompok suku lainnya.

Seorang pejabat penjaga perbatasan Bangladesh mengatakan para pengungsi telah menyeberang di daerah perbukitan distrik Bandarban di tenggara negara itu.

Bangladesh sudah menampung 740.000 muslim Rohingya yang tiba Agustus 2017, menambah 300.000 yang telah melarikan diri dari kekerasan sebelumnya di Rakhine.

Sekarang mayoritas etnis Rakhine, yang beragama Buddha, berada dalam konflik dengan tentara yang mereka membantu untuk mengusir Rohingya hanya 18 bulan yang lalu.

Pada 4 Januari, Arakan Army (AA), sebuah kelompok militan yang menyerukan otonomi yang lebih besar bagi Rakhine, menewaskan 13 orang dalam penggerebekan di pos-pos perbatasan polisi.

Militer mengatakan 13 gerilyawan tewas dalam serangan balasan sementara PBB mengatakan sedikitnya 5.200 orang terlantar akibat kekerasan.

Jumlah korban jiwa yang akurat tidak mungkin dipastikan karena zona tersebut berada di bawah penutupan ketat.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA