Arab Saudi, UEA berikan senjata buatan AS ke Al Qaedah di Yaman

Arab Saudi dan UEA memberikan senjata dan peralatan militer buatan AS kepada sejumlah kabilah dan kelompok di Yaman untuk mendapatkan kesetiaan dari mereka

Arab Saudi, UEA berikan senjata buatan AS ke Al Qaedah di Yaman

WASHINGTON

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) memberikan senjata yang mereka beli dari Amerika Serikat (AS) kepada banyak kelompok dan kabilah yang berafiliasi dengan Al Qaedah di Yaman, lapor stasiun TV Amerika CNN.

CNN mengemukakan sebuah hasil penelitian yang membongkar hubungan dan kerja sama kotor dalam koalisi Teluk itu.

Berita CNN yang dirilis dengan dukungan banyak gambar dan foto menunjukkan bahwa organisasi radikal menggunakan banyak senjata dan kendaraan AS, selain itu peralatan militer itu juga ada yang jatuh ke tangan kelompok Houthi dukungan Iran.

Selain itu, menurut pengakuan sumber-sumber lokal kepada CNN, Arab Saudi dan mitra terpenting koalisi UEA telah memberikan senjata dan peralatan militer buatan AS kepada sejumlah kabilah dan kelompok di Yaman untuk mendapatkan kesetiaan dari mereka.

Meski Departemen Pertahanan AS (Pentagon) melarang penjualan senjata dan teknologi Amerika ke pihak ketiga, namun rezim Arab Saudi dan UEA tetap melakukan penjualan ke kelompok-kelompok di Yaman dengan sengaja.

Di sisi lain AS juga dinilai telah menutup mata soal pelanggaran yang dilakukan oleh kedua negara tersebut.

Yaman telah dilanda kekerasan sejak 2014, ketika kelompok Syiah Houthi menyerbu sebagian besar negara dan krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi yang dipimpin Saudi meluncurkan kampanye udara besar-besaran yang bertujuan untuk menggulingkan kekuasaan Houthi.

Arab Saudi dan sekutu negara-negara Sunni menuduh Houthi bertindak sebagai kekuatan proksi bagi Syiah Iran.

Puluhan ribu orang, termasuk warga sipil, telah terbunuh di Yaman dan PBB memperkirakan sekitar 14 juta warganya berisiko kelaparan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA