Usai penembakan, Presiden Jokowi minta proyek Trans Papua tetap jalan

Letak geografis proyek tersebut memang berat karena membawa alat beratnya saja dengan helikopter

Usai penembakan, Presiden Jokowi minta proyek Trans Papua tetap jalan

JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk tetap menyelesaikan proyek pembangunan Trans Papua sepanjang 4600 km.

Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu menyebut bahwa pembangunan Trans Papua dari Wamena hingga Mumugu membutuhkan 35 jembatan sehingga proses pembangunan tersebut tetap dilanjutkan meski adanya kasus pembunuhan terhadap para pekerja.

"Artinya PU jalan terus untuk membangun tanah papua atau mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu.

Jokowi mengakui pembangunan di tanah Papua sangat sulit karena letak geografisnya. Menurut dia pembangunan tersebut dilakukan di ketinggian 3000 - 4000 m di atas permukaan laut.

"Kita liat dari Wamena ke Mumugu sepanjang 278 km, itu ketinggian di atas 3 ribu meter membawa alat beratnya saja ke sana pakai helicopter, membawa aspal juga pakai helikopter," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI itu menegaskan bahwa para pekerja yang membangun Trans Papua bertaruh nyawa dalam bekerja karena medan dan kondisi keamanan yang sulit.

Sementara itu menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, pembangunan jalan Trans Papua termasuk Papua barat mencapai 4600 km.

Namun kata dia ada sekitar 945 km jalan yang hingga kini belum tembus.

Kata dia insiden pembunuhan terhadap pekerja itu terjadi pada pembangunan jalan Wamena - Mumugu sepanjang 278 km dengan pembangunan 35 jembatan.

Jembatan tersebut dikerjakan oleh perusahaan BUMN yakni PT Brantas Abipraya sebanyak 24 jembatan dan PT Istaka Karya sebanyak 11 jembatan.

Dia juga mengatakan pembangunan jalan Trans Papua sejak 2015-2019 yang merupakan jalan baru mencapai 1052 km dan pemeliharaan jalan lama mencapai 4160 km.

Proyek ini kata dia sejak 2015 hingga 2019 mendatang menelan biaya hingga Rp 14,2 triliun. 


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA