TNI-Polri evakuasi 12 orang dari lokasi pembunuhan di Papua

Sebanyak 12 orang tersebut di antaranya empat orang karyawan PT Istaka karya, enam pekerja bangunan di Puskesmas Mbua, dan dua pekerja bangunan di SMP Mbua

TNI-Polri evakuasi 12 orang dari lokasi pembunuhan di Papua

JAKARTA

Pasukan TNI - Polri berhasil mengevakuasi 12 orang yang selamat dari lokasi pembunuhan terhadap 31 pekerja Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Wakapendam XVII/Cendrawasih Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan 12 orang tersebut di antaranya empat orang karyawan PT Istaka karya yang melakukan pekerjaan proyek Trans Papua, enam pekerja bangunan di Puskesmas Mbua, dan dua pekerja bangunan di SMP Mbua.

Dax menyebut pekerja Istaka Karya itu berhasil meloloskan diri menuju Distrik Mbua, Kabupaten Nduga.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Papua membenarkan adanya penembakan terhadap 31 pekerja proyek Trans Papua di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga oleh KKSB.

Puluhan pekerja tersebut dilaporkan telah meninggal dunia.

TNI menyebut KKSB pimpinan Egianus Kogoya merupakan pelaku pembunuhan terhadap 31 pekerja tersebut.

Kepala Penerangan Kodam XVII/ Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan kelompok tersebut juga menyandera dan memerkosa guru di Distrik Mapenduma pada Oktober lalu.

Aidi menyebut kelompok tersebut memiliki senjata standar militer NATO.

Berdasarkan data intelijen TNI, sebagian senjata api tersebut berasal dari hasil rampasan yang dilakukan terhadap TNI dan Polri.

Aidi menyebut ada senjata yang berasal dari negara lain.

Namun, dia tidak memastikan dari negara mana senjata tersebut berasal.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA