TNi bakal kurangi operasi tempur di Papua

Panglima TNI mengatakan operasi psikologi dan operasi teritorial dilaksanakan untuk mengurangi operasi tempur untuk menekan banyaknya korban

TNi bakal kurangi operasi tempur di Papua

JAKARTA

TNI menyatakan bakal melakukan operasi psikologi dan operasi teritorial di Papua sehingga masyarakat setempat tidak ketakutan dan menerima kehadiran prajurit TNI.

Panglima TNI mengatakan operasi psikologi dan operasi teritorial dilaksanakan untuk mengurangi operasi tempur untuk menekan banyaknya korban.

“Oleh Karena itu cara yang mungkin adalah pendekatan ke masyarakat dan menyadarkan apa keinginan mereka akan kita wadahi dan penuhi, asal jangan berkeinginan berpisah dari NKRI,” ujar Hadi pada Rabu di Cilangkap.

Hadi mengatakan akan melakukan pendekatan dengan kepala suku di sana serta memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan memanfaatkan pembangunan Trans Papua yang dilakukan pemerintah.

TNI pun, kata dia, bakal menampung keinginan masyarakat Papua. Namun, dia memastikan tidak akan memenuhi permintaan untuk berpisah dari Indonesia.

Sebelumnya, kelompok bersenjata Papua yang mengatasnamakan dirinya Organisasi Papua Merdeka (OPM) terus melakukan penyerangan terhadap TNI dan juga proyek pembangunan Trans Papua.

Serangan terakhir terjadi pada Kamis, kelompok bersenjata tersebut menyerang pos TNI di Mapenduma, Kabupaten Nduga.

Satu anggota TNI mengalami luka tembak akibat aksi kelompok bersenjata itu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA