Singkawang jadi kota dengan tolerasi tertinggi 2018

Bersama Salatiga dan Pematang Siantar, kota di Kalimantan Barat itu berada di top 3 kota di Indonesia dengan toleransi tinggi

Singkawang jadi kota dengan tolerasi tertinggi 2018

JAKARTA

Singkawang, Salatiga dan Pematang Siantar terpilih menjadi tiga kota di Indnesia dengan skor toleransi tertinggi.

Lembaga studi Setara Institute mendapatkan skor tersebut setelah melakukan kajian dan indexing terhadap 94 kota di Indonesia dalam hal promosi dan praktik toleransi yang dilakukan oleh pemerintah-pemerintah kota.

Laporan tentang Indeks Kota Toleran tahun 2018 merupakan laporan kedua Setara Institute yang disusun dengan mengutamakan praktik-praktik toleransi kota-kota di Indonesia.

Mereka menelusuri seberapa besar kebebasan beragama atau berkeyakinan, kesetaraan gender, dan inklusi sosial dijamin dan dilindungi melalui regulasi dan tindakan.

Selain itu Setara Institute juga menyandingkan kajian tersebut dengan realitas perilaku sosial kemasyarakatan dalam tata kelola keseragaman kota, khususnya dalam isu agama/keyakinan, gender dan inklusi sosial.

Dari hasil studi Setara Institute, berturut-turut di belakang ketiga kota tersebut adalah Manado, Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon, Binjai dan Surabaya.

Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Hendardi, mengatakan indeks kota toleran ini juga dibuat untuk mendukung program pemerintah, mendorong, mempromosikan kota-kota di Indonesia dalam meningkatkan nilai toleransinya.

“Ini bertujuan untuk mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi wilayahnya masing-masing. Sehingga dapat memicu bagi kota-kota lain untuk turut bergegas mengikuti dan mengembangakan toleransi di wilayahnya," ujar Hendardi di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Setara Institute berharap masyarakat mulai menyadari bahwa dengan toleransi kehidupan yang harmonis di tengah keragaman perbedaan etnis, agama, dan identitas primordial lainnya dapat dirasakan.

Dalam konteks kebhinekaan Indonesia, toleransi menurut Hendardi, akan memberi muatan keragaman agama, bahasa, budaya, etnis, dan subsosial kultural lainnya.

Dalam catatan kali ini, Setara Institute juga mendapatkan perubahan yang signifikan pada kelompok kota dengan skor tertinggi.

Masuknya kota Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon dan Surabaya dalam sepuluh besar kota-kota toleran di Indonesia dianggap sebagai fenomena baru dalam indeks kota toleran tahun ini.

"Artinya 50 persen peringkat 10 teratas adalah wajah baru. Kota-kota itu menggeser Tual, Kotamobagu, Palu, Tebingtinggi dan Surakarta dari peringkat 10 besar teratas."



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA