Presiden minta dana desa dorong potensi ekonomi desa

Pengembangan potensi desa tersebut kata Jokowi bisa dilakukan dengan bantuan dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat

Presiden minta dana desa dorong potensi ekonomi desa

JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo mengatakan agar pemerintah desa mulai mengembangkan potensi yang dimilikinya supaya menjadi kekuatan ekonomi di daerah.

Pengembangan potensi desa tersebut bisa dilakukan dengan bantuan dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat, kata Jokowi, panggilan akrab Presiden.

"Selain infrastruktur, dana-dana itu bisa digunakan untuk membangun misalnya pariwisata di desa,” kata Presiden di Palembang, Minggu.

Sekarang, tambah Jokowi, banyak orang kota yang kepingin melihat desa lagi seperti apa.

Dia mencontohkan dengan program pariwisata desa, salah satu desa di daerah yang dahulu dapat dikatakan sebagai desa tertinggal saat ini memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Saya berikan contoh program pariwisata desa, ada yang namanya Desa Ponggok ini punya mata air yang dibangun dan dijadikan tempat wisata untuk berenang, untuk menyelam," ujar dia.

Contoh lainnya yang dilakukan pemerintah desa yang terletak di Klaten, Jawa Tengah yang membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan memanfaatkan potensi pariwisata air, kata Jokowi.

Dana desa sebesar kurang lebih Rp800 juta pada tahun anggaran 2017 dimanfaatkan pemerintah setempat untuk membangun infrastruktur desa penunjang pariwisata tersebut.

"Hasilnya satu tahun bisa mendatangkan income Rp 14 miliar. Ini menjadi kekuatan desa," ucap Presiden.

Presiden secara khusus mengapresiasi pemanfaatan dana desa yang dilakukan Desa Ponggok.

Dia mengajak desa-desa lainnya yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan desa tersebut.

"Saya lihat banyak sekali desa-desa yang sangat indah yang perlu disentuh sedikit,” kata Jokowi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA