Presiden Jokowi akan hadiri 17 pertemuan di KTT ASEAN

Dalam KTT ASEAN mendatang juga akan ada rencana Presiden melakukan beberapa pertemuan bilateral

Presiden Jokowi akan hadiri 17 pertemuan di KTT ASEAN

JAKARTA

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengkonfirmasi Presiden Joko Widodo akan menghadiri pertemuan KTT ASEAN di Singapura pada 13-15 November, di mana dia akan menghadiri 17 pertemuan dengan kepala negara ASEAN dan mitra wicara ASEAN.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir mengatakan dalam KTT ASEAN mendatang juga akan ada rencana Presiden melakukan beberapa pertemuan bilateral.

Pertemuan bilateral yang sudah diagendakan adalah dengan Rusia, Australia, China, dan Jepang. Rencana pertemuan bilateral ini, menurut Armanatha, meski begitu sangat tergantung dengan ketersediaan waktu.

“Kita harus konfirmasi lagi format dan waktunya karena pertemuannya akan sangat padat,” ungkap dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Kementerian Luar Negeri, menurut Armanatha, belum bisa memastikan kapan dan di mana serta durasi pertemuan bilateral yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut terkait KTT ASEAN, Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Kementerian Luar Negeri Benny Siahaan mengatakan pertemuan yang akan dihadiri Presiden lebih kepada review kerja sama masing-masing negara ASEAN dengan mitra wicara.

Benny mengatakan KTT ASEAN akan menghasilkan 7 dokumen yang akan disahkan antara lain ASEAN Smart Cities Framework, ASEAN Declaration on Promoting Green Jobs for Equity and Inclusive Growth of ASEAN Community, dan ASEAN Enabling Masterplan 2025: Mainstreaming the Rights of Persons with Disability.

Dokumen lainnya adalah ASEAN Joint Statement on Climate Change to the 24thConference of the Parties to the UNFCCC, ASEAN Joint Statement to the Fourteenth Meeting of the Conference of the Parties to Convention on Biological Diversity.

Dua dokumen lain yang akan disahkan adalah ASEAN Declaration on the Adoption of the ASEAN Youth in Climate Action, dan Declaration on the Guidelines on Consular Assistance by ASEAN Member State Missions in Third Countries to Nationals of Other ASEAN Member States.

“Sebelum penutupan, akan dilakukan serah terima keketuaan ASEAN dari Singapura kepada Thailand yang akan menjadi Ketua ASEAN tahun 2019,” ungkap Benny.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA