PBB puji Indonesia tangani dampak bencana di Sulawesi dan Lombok

Sekjen PBB menyebut respon pemerintah Indonesia setelah kejadian bencana tersebut sangat cepat

 PBB puji Indonesia tangani dampak bencana di Sulawesi dan Lombok

JAKARTA

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memuji pemerintah Indonesia dalam menangani bencana gempa di beberapa daerah yaitu di Sulawesi Tengah dan Lombok.

Ini disampaikan Guterres saat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Bali di sela acara Pertemuan Tahunan IMF - World Bank pada Kamis.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Sekjen PBB menyebut respon pemerintah Indonesia setelah kejadian bencana tersebut sangat cepat. 

Guterres juga menyampaikan duka cita bagi para korban bencana gempa dan tsunami. 

Presiden Joko Widodo bersama Antonio Guterres juga melakukan pembahasan sejumlah hal di antaranya mengenai perdamaian. 

Sekjen PBB mengapresiasi posisi Indonesia terhadap upaya perdamaian di Palestina. Selain itu, Indonesia juga dianggap sebagai mitra vital bagi PBB dalam menciptakan perdamaian dunia. 

"Indonesia memiliki kekuatan dan keinginan untuk aktif di dalam upaya menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dunia. Jadi kemitraan Indonesia dan PBB dinilai oleh Sekjen PBB sangat excellent," jelas Retno. 

Mengenai upaya diplomasi Indonesia yang dilakukan menangani permasalahan di Rakhine State, Myanmar Sekjen PBB menilai Indonesia merupakan negara yang tepat untuk melakukan penanganan dengan cara-cara yang sesuai sehingga dapat tetap berkontribusi di tengah situasi yang sulit.

"Sekjen PBB mengatakan bahwa cara Indonesia mendekati isu tersebut dinilai pas sehingga Indonesia dapat memberikan kontribusi walaupun situasinya tidak mudah. Kemajuan (penanganan) juga masih terus didorong, tetapi Indonesia diyakini dapat terus berkontribusi dalam upaya menyelesaikan situasi di Rakhine State," tutur dia. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA