Militer Indonesia, India akan latihan bersama anti terorisme

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan personilnya dapat belajar dari kerja sama pada bidang alih teknologi

Militer Indonesia, India akan latihan bersama anti terorisme

JAKARTA

TNI dan Angkatan Bersenjata India berencana melaksanakan latihan bersama pada bidang anti terorisme dan peacekeeping di Indonesia, rilis pernyataan resmi TNI pada Rabu.

Dalam kunjungan kehormatan ke India, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bertemu dengan Panglima Angkatan Bersenjata India Laksamana Sunil Lanba di Markas South Black Lawns, India pada Senin.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengaku sempat membicarakan hubungan kerja sama yang telah berjalan saat ini.

Salah satunya adalah latihan bilateral antara TNI AD dan Angkatan Darat India dengan nama Garuda Sakti.

Sedangkan latihan antara TNI AL dan Angkatan Laut India dengan sandi Latihan Samudera Sakti dan Patroli Terkoordinasi bernama Indindo Coordinated Patrol.

Selain itu, kata Hadi, kedua negara juga melaksanakan kegiatan multilateral seperti Komodo 2016 di Padang dan 2018 di NTB Lombok.

Panglima TNI berharap kerja sama tersebut juga bisa menguntungkan Indonesia, salah satunya dalam kerja sama alih teknologi.

 Menurut Panglima TNI, industri pertahanan India sudah sangat maju, sehingga TNI dapat belajar pada kerja sama militer di bidang alih teknologi seperti perawatan pesawat tempur buatan Rusia SU-27 dan SU-30. 

Panglima TNI juga menyampaikan terima kasih kepada Angkatan Bersenjata India yang berpartisipasi aktif dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa dan tsunami di Kota Palu, Sigi, dan Donggala Sulawesi Tengah pada September 2018.

Panglima TNI menyampaikan Angkatan Bersenjata India mengirimkan dua  pesawat angkut berat jenis C-17 Global master dan C-130 Hercules.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA