Korsel bantu Rp142 miliar untuk rehabilitasi gempa di Sulteng

Pemberian bantuan diberikan melalui Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Selatan

Korsel bantu Rp142 miliar untuk rehabilitasi gempa di Sulteng

JAKARTA

Korea Selatan memberikan bantuan sebesar USD10 juta atau sekitar Rp142 miliar untuk membantu rehabilitasi dan rekonstruksi daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Pemberian bantuan diberikan melalui Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Selatan.

Duta Besar Kim menyebut Indonesia adalah sahabat terdekat Korea Selatan dan akan selalu membantu bila mengalami kesulitan.

“Dana sumbangan ini untuk membantu rehabilitasi dan rekonstruksi di Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya di Sulawesi Tengah,” ujar Duta Besar Kim.

Dari total dana sumbangan USD10 juta, Dubes Kim menyebut sudah diberikan sebesar USD2,5 juta pada 11 Oktober lalu dalam bentuk 160 set tenda dan pengiriman dua pesawat pengangkut militer C-130 Hercules.

“Sisa dana sebesar USD2,5 juta akan dialokasikan dalam waktu dekat untuk proyek-proyek tambahan pemulihan bencana untuk merelokasi penduduk,” jelas Dubes Kim.

Kemudian, USD5 juta lainnya menurut dia, akan diberikan untuk proyek rekonstruksi jangka panjang yang saat ini masih dalam pembahasan master plan dengan Bappenas.

“Kami berharap tahun depan semua telah terlaksana,” imbuh dia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengapresiasi bantuan yang diberikan Korea Selatan.

Ia memastikan dana hibah tersebut akan digunakan sebaik-baiknya untuk proses rehabilitasi pascabencana di Sulawesi Tengah.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA