Kampung Korea agar buruh migran siap kembali ke Indonesia

Ini merupakan program pembinaan buruh migran Indonesia yang ada di Korea Selatan agar mereka siap kembali ke tanah air untuk membangun desa, ujar Duta Besar RI untuk Korea Selatan

Kampung Korea agar buruh migran siap kembali ke Indonesia

JAKARTA 

Kedutaan Besar RI di Korea Selatan membangun program Kami Mantab Pulang dari Korea (Kampung Korea) di Seoul, Korea Selatan.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi mengatakan Kampung Korea merupakan program pembinaan buruh migran Indonesia yang ada di Korea Selatan agar mereka siap kembali ke tanah air untuk membangun desa.

“Saya berharap kegiatan pemberdayaan Kampung Korea ini dapat membangun motivasi dan inspirasi serta bekal kecakapan yang memadai untuk hidup di Indonesia,” ujar Umar, Rabu, dalam keterangannya.

Umar mengatakan bahwa program ini meliputi pelatihan yang digelar di berbagai kantong buruh migran Indonesia di Korea Selatan seperti manajemen keuangan, pelatihan kewirausahaan seperti bisnis café, kuliner, ternak, hingga pelatihan video blogging.

Ini merupakan ekosistem agar buruh migran menjadi pionir untuk mengembangkan desanya, kata Umar.

Keterampilan, budaya kerja dan uang yang diperoleh hasil bekerja di Korea, lanjut Umar, dapat menjadi modal untuk hidup sejahtera dengan wirausaha dan tempat pelatihan kerja bagi generasi selanjutnya di Indonesia.

Saat ini, kata Umar, pihaknya tengah menggalang kerja sama dengan pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan berbagai organisasi sosial agar dapat melanjutkan program Kampung Korea di daerah masing-masing.

“Saya berharap setiap daerah asal pekerja migran eks Korea Selatan akan mendirikan Kampung Korea dalam arti sebenarnya, kampung nyaman dan modern dengan Balai Latihan Kerja agar generasi selanjutnya siap ke Korea,” kata Umar.

Catatan Kantor Imigrasi Korea, hingga 31 Desember 2018 terdapat 47,366 WNI yang tersebar di 86 kota di Korea Selatan. Sebanyak 34,920 orang di antaranya merupakan buruh migran.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA