Gempa M 6,4 guncang Situbondo

Gempa tidak berpotensi tsunami, namun BMKG merekomendasikan agar masyarakat berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan

Gempa M 6,4 guncang Situbondo

JAKARTA 

Gempa bumi berkekuatan M 6,4 mengguncang Situbondo, Jawa Timur, Kamis pukul 01.44 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman webnya menyebutkan bahwa pusat gempa berada di 61 kilometer sebelah timur laut Situbondo, di laut kedalaman 10 kilometer.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar rilis BMKG tersebut, Kamis.

BMKG merekomendasikan agar masyarakat berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Selain itu, BMKG juga merekomendasikan agar masyarakat keluar bangunan dengan tertib, setelah gempa terjadi hingga situasi aman kembali.

Sekaligus, BMKG merekomendasikan agar masyarakat tidak menggunakan tangga berjalan atau lift. Melainkan menggunakan tangga biasa.

BMKG mengimbau agar masyarakat menyimak informasi soal gempa susulan di media massa.

Beberapa bulan belakangan, Indonesia diguncang dua bencana besar, yaitu gempa Lombok sejak akhir Juli 2019 yang mengakibatkan ribuan orang tewas dan puluhan ribu lainnya mengungsi.

Juga gempa berkekuatan M 7,4 yang mengguncang Sulawesi Tengah, pada Jumat 28 September 2018 lalu, disusul oleh tsunami.

BMKG mencatat hingga Rabu pukul 09.00 WIB sudah terjadi 526 gempa susulan di Sulawesi Tengah, dengan tren menurun. Sebanyak 17 di antaranya terasa.

Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 2.045 orang tewas akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tersebut.

Tanggal Diperbarui: 11 Ekim 2018, 11:50
TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA