Forum MIKTA gelar pertemuan perkuat kerja sama global

Isu-isu itu antara lain pencapaian Agenda Pembangunan 2030, penguatan kemitraan multilateral, penanganan terrorisme, isu Semenanjung Korea, dan kerja sama terkait migrasi

Forum MIKTA gelar pertemuan perkuat kerja sama global

YOGYAKARTA

Forum lima negara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA) menggelar pertemuan tingkat kementerian luar negeri ke-14 untuk memperkuat kerja sama global pada Kamis di Yogyakarta.

Pertemuan kali ini juga menandakan berakhirnya Keketuaan Indonesia pada MIKTA tahun 2018 sekaligus penyerahan resmi posisi Koordinator MIKTA tahun 2019 kepada Meksiko.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman Mohammad Fachir menyampaikan hasil akhir pertemuan MIKTA kali ini adalah adopsi terhadap Joint Communiqué yang menegaskan kembali kekuatan bersama MIKTA dan komitmen untuk berkontribusi terhadap penanganan isu-isu global.

Isu-isu itu antara lain pencapaian Agenda Pembangunan 2030, penguatan kemitraan multilateral, penanganan terrorisme, isu Semenanjung Korea, dan kerja sama terkait migrasi.

Dalam kesempatan ini, Turki akan memimpin pembahasan mengenai penanganan terorisme.

Selain Indonesia, hadir sejumlah perwakilan tiap negara antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Turki Faruk Kamyakci, Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Julián Ventura Valero, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Tae Ho Lee, dan asisten Kementerian Luar Negeri Australia Justin Lee.

Forum kerja sama MIKTA yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia pertama kali digagas pada pertemuan informal Menteri Luar Negeri G20 di Los Cabos, Meksiko, pada Februari 2012.

MIKTA resmi berdiri pada 2013 setelah pertemuan pertama para Menteri Luar Negeri MIKTA di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

MIKTA bertujuan mendukung penguatan tata kelola pemerintahan global dan berupaya mencari solusi dengan menjaga kerangka kerja sama multilateral, serta berkontribusi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan dunia.

Sebagai forum middle power, MIKTA berperan sebagai pembangun jembatan antara negara-negara berkembang dan maju.

Pertemuan MIKTA dikoordinasikan secara bergantian oleh negara ketua untuk periode satu tahun yakni Meksiko pada 2013-2014, Korea Selatan 2014-2015, Australia 2015-2016 dan Turki 2017, dan Indonesia 2018.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA