Curah hujan tinggi di Februari, BNPB minta masyarakat waspada

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan curah hujan pada bulan Februarai sangat tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia. Di antaranya di wilayah Papua, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan dan Sumatera Barat

Curah hujan tinggi di Februari, BNPB minta masyarakat waspada

JAKARTA

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat dan pemerintah daerah untuk mewaspadai bencana longsor dan curah hujan tinggi pada Februari mendatang.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan curah hujan pada bulan Februari sangat tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia. Di antaranya di wilayah Papua, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan dan Sumatera Barat.

"Prediksi gerakan tanah atau longsor bulan Februari akan menyesuaikan curah hujan yang ada.," ujar Sutopo di Graha BNPB pada Kamis.

Dia mencontohkan di wilayah Jawa Barat ada sekitar 20 kabupaten dan 472 kecamatan yang berpotensi menengah tinggi mengalami bencana longsor.

"Terutama Jawa Barat daerah tersebut merupakan daerah perbukitan yang di dalamnya masyarakat banyak sekali dan 20 tahun terakhir longsor korban paling banyak di Jawa Barat," tambah dia.

Menanggapi curah hujan tinggi dan pergeseran tanah, Sutopo mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di sungai dan selalu memperhatikan adanya tanda-tanda pergeseran tanah di masing-masing wilayah.

"Tanda tandanya kalau ada retakan, ada amblesan segera ditutup lempung, Kemudian kalau ada pohon miring di lereng, tiang di lereng atau ada mata air di lereng, atau sumur mata air keruh, itu tanda-tanda longsor yang bisa dikenali dengan mudah," pungkas Sutopo.

Pakar Hidrometeorologi Armi Susandi memperkirakan puncak hujan akan terjadi pada 10 hari pertama di bulan Februari.

Menurut dia, masyarakat di wilayah Jakarta yang merupakan wilayah rawan banjir untuk lebih waspada.

"Siap-siap untuk daerah banjir di Jakarta. Daerahnya dari selatan sampai utara. Jadi dia ada banjir kiriman kemudian ditunggu oleh bulan purnama terjadi di wilayah utara," tambah dia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA