China tolak tuduhan tutupi skandal 1MDB

Kedubes China juga mengatakan negaranya berkomitmen untuk berkerja sama dengan Perdana Menteri Mahathir Mohammad guna memperkuat hubungan kedua negara

China tolak tuduhan tutupi skandal 1MDB

JAKARTA

China telah menolak laporan Wall Street Journal yang menyebut negeri tersebut memberikan bantuan kepada pemerintahan Najib Razak untuk menutupi skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB), lansir Malaysiakini pada Rabu.

Juru bicara Kedutaan Besar China di Kuala Lumpur menyampaikan pemerintahannya memegang prinsip non intervensi terhadap kebijakan dalam negeri negara lain.

“China tidak pernah melampirkan soal situasi politik dalam bekerja sama dengan negara lain. Kami mempromosikan inisiatif ‘Belt and Road’ di bawah prinsip konsultasi yang luas, kontribusi bersama, dan berbagai manfaat bersama, dengan tujuan mencapai pembangunan bersama dan kesejahteraan,”

“Kami tidak menerima tuduhan tak berdasar terhadap China,” ujar pernyataan Kedubes China.

Kedubes China juga mengatakan negaranya berkomitmen untuk berkerja sama dengan Perdana Menteri Mahathir Mohammad guna memperkuat hubungan kedua negara.

Malaysia tengah mengusut dugaan keterlibatan China dalam skandal 1MDB, lansir Channel News Asia pada Selasa.

Langkah ini menyusul laporan Wall Street Journal (WSJ) yang menyebut keterlibatan para petinggi China dalam menutupi skandal 1MDB.

China diduga membantu menghalangi penyelidikan skandal 1MDB dari negara-negara internasional sebagai timbal balik atas proyek-proyek infrastruktur yang menguntungkan.

Timbal balik itu berupa proyek-proyek kereta api dan pipa sebagai kepentingan dari proyek One Belt One Road.

One Belt One Road merupakan inisiatif Presiden Xi Jinping terkait skema kerja sama ekonomi kawasan yang berfokus pada pembangunan infrastruktur yang menghubungkan Asia, Eropa, dan Afrika.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA