BNPB resmi bentuk tim intelijen bencana

Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja mengatakan Tim Intelijen tersebut merupakan tim gabungan dari para pakar serta kementerian/lembaga untuk membantu memberikan masukan dalam kebijakan penanggulangan bencana

BNPB resmi bentuk tim intelijen bencana

JAKARTA

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) resmi membentuk Tim Intelijen Bencana untuk menanggulangi bencana di Indonesia.

Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja mengatakan Tim Intelijen tersebut merupakan tim gabungan dari para pakar kementerian atau lembaga untuk membantu memberikan masukan dalam kebijakan penanggulangan bencana.

"Kita rau sering kali para pakar bekerja research sering kali menggunakan anggaran sendiri tapi hasilnya belum masuk dalam kebijakan," ujar Wisnu di kantornya.

Wisnu mengatakan tim yang dibentuk yakni Pakar Geologi Masyhur Irsyam, Pakar Bidang Hidrometeorologi Armi Susandi, Pakar Bidang Biologi dan Lingkungan Jatna Supriatna serta Pakar Bidang Industri dan Sosial Ekonomi Deny Idrayati.

Wisnu mengatakan nantinya para pakar tersebut akan menyampaikan informasi terkini terkait kondisi daerah rawan bencana.

Menurut dia diperlukan bantuan para peneliti dan juga pakar untuk menanggulangi bencana. Tim Intelijen tersebut juga kata dia untuk mengkaji penanggulangan bencana dan membuat perencanaan.

"Artinya kalau ada setiap kejadian coba kita pelajari evaluasi penyebabnya apa dan tenaga kita banyak sekali ada dari universitas, periset, mengkoordinasikan untuk kajian risiko untuk objek vital pemerintah," tambah dia.

Sebelumnya, Tim Intelijen Bencana ini merupakan rencana kerja Kepala BNPB yang baru Letnan Jenderal TNI Doni Munardo setelah menjabat.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA