Banda Aceh dan Jakarta masuk kota tidak toleran

Pemerintah kota diharapkan dapat membangun dan membina toleransi di wilayahnya

Banda Aceh dan Jakarta masuk kota tidak toleran

JAKARTA

Lembaga studi dan kajian Setara Institute menemukan Tanjung Balai, Banda Aceh dan Jakarta menjadi kota-kota yang berada di urutan tiga terbawah dalam peringkat Indeks Kota Toleran 2018.

Setelah Jakarta, berturut-turut peringkat ke empat terendah adalah Cilegon, Padang, Depok, Bogor, Makassar, Medan dan Sabang.

Setara Institute menyebut tidak ada perubahan signifikan pada data 10 kota dengan indeks toleransi terendah tahun ini dibanding 2017, selain perubahan signifikan pada peringkat satu kota toleran terendah yang jatuh kepada Tanjungbalai.

Berdasarkan hasil studi ini, Setara Institute memberi rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo untuk mendorong pemerintah kota di seluruh Indonesia menjadi teladan dalam implementasi Pancasila dan UUD 1945.

Tidak hanya itu, pemerintah juga diminta memiliki kerangka kerja dan standar kebijakan yang kondusif bagi tumbuh dan terbinanya toleransi.

"Pemerintah kota, khususnya wali kota hendaknya membangun dan membina toleransi di wilayahnya dengan cara memastikan demografi penduduk yang heterogen menjadi arena bagi peaceful co-existence," sebut Direktur Riset Setara Institute Halili di Jakarta, Jumat.

Masyarakat sipil kota juga diharapkan meningkatkan partisipasinya dalam mempraktekkan dan mempromosikan toleransi di level kota.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA