Skandal Larry Nassar akhirnya picu kebangkrutan tim senam AS

Badan olahraga ini menghadapi puluhan gugatan terkait skandal pelecehan seks dokter Larry Nassar

Skandal Larry Nassar akhirnya picu kebangkrutan tim senam AS

WASHINGTON

Tim senam Amerika Serikat menyatakan kebangkrutannya di tengah proses hukum lanjutan atas kasus pelecehan seksual mantan tim nasional dokter Larry Nassar terhadap ratusan pesenam.

Skandal itu telah memicu munculnya lusinan tuntutan hukum yang diajukan terhadap otoritas yang mengatur tim olahraga itu dan mencari cara untuk penyelesaian, yang akhirnya  mendorong lembaga itu mencari perlindungan dari kreditor di pengadilan di Indianapolis, Indiana.

Para penggugat menuduh bahwa timnas Senam AS gagal melindungi atletnya dari Nassar, yang telah dijatuhi hukuman hingga 300 tahun penjara karena menganiaya lebih dari 350 gadis dan wanita muda.

Kathryn Carson, ketua Dewan Senam Amerika Serikat yang baru-baru ini terpilih, mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa pengajuan pada hari Rabu menjadi resolusi yang dipercepat dari tuntutan-tuntutan yang dilayangkan kepada mereka sebagai langkah pertama yang penting dalam membangun kembali kepercayaan masyarakat.

"Kami berhutang kepada para korban untuk menyelesaikan, sepenuhnya dan akhirnya, klaim berdasarkan tindakan mengerikan dari masa lalu, serta melalui proses ini kami berusaha untuk mempercepat resolusi dan membantu mereka bergerak ke masa depan," tambahnya.

Gugatan yang para penyintas dari kasus Nassar ini nantinya akan ditanggung oleh asuransi, dan pengajuan pailit tidak akan memengaruhi ganti rugi.

Pengajuan bangkrut ini datang setelah adanya notifikasi dari Komite Olimpiade AS pada November untuk tim Senam Nasional AS yang berusaha untuk menghapus posisinya sebagai badan olahraga negara.

Sidang dengar kesaksian mengenai masalah ini belum dijadwalkan, namun komite tersebut dikabarkan telah berjanji akan melanjutkan aksinya. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA