Indonesia luncurkan surat utang ritel secara daring

Tingkat kupon yang ditawarkan adalah sebesar 8,15 persen per tahun. Minimum pemesanan Rp1 juta dengan tenor jatuh tempo 2 tahun atau 10 Januari 2021

Indonesia luncurkan surat utang ritel secara daring

JAKARTA

Kementerian Keuangan meluncurkan surat utang ritel atau saving bond retail (SBR) seri SBR005 yang dijual secara daring (online) di Jakarta, Kamis.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Loto S Ginting menjelaskan SBR005 dapat menambah varian jenis investasi di Indonesia.

Loto mengatakan investasi sebagaimana kopi, kini sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat.

Pembukaan masa penawaran surat utang ini menurut Loto, berlangsung pada 10 Januari dan akan ditutup pada 24 Januari. Kemudian pada tanggal 28 Januari akan dilakukan penetapan hasil penjualan.

Tanggal 30 Januari lanjut Loto, merupakan proses settlement. Kemudian periode early redemption berlangsung pada 27 Januari hingga 4 Februari mendatang.

“Tingkat kupon yang ditawarkan adalah sebesar 8,15 persen per tahun. Minimum pemesanan Rp1 juta dengan tenor jatuh tempo 2 tahun atau 10 Januari 2021,” jelas dia.

Bagi masyarakat yang ingin membeli surat utang online ini, Loto mengatakan para calon investor bisa melakukan pendaftaran melalui sistem elektronik mitra distribusi.

Dia menambahkan bagi calon investor harus menginput data diri, nomor Single Investor Identification (SID), rekening data nasabah, dan rekening surat berharga. Kemudian calon pembeli melakukan pemesanan SBR005 setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi SBR005.

Selanjutnya, Loto menjelaskan calon investor bisa dilakukan pembayaran melalui Bank Persepsi (Bank, ATM, mobile banking) dalam batas waktu yang telah ditetapkan dengan menggunakan kode pembayaran yang muncul setelah pemesanan selesai atau yang dikirimkan melalui email.

“Apabila pemesanan telah sukses akan ditandai dengan diterimanya nomor transaksi penerimaan negara (NTPN) serta notifikasi dari mitra distribusi setelah proses setelmen dilakukan,” urai Loto.

Keunggulan SBR005 menurut dia, adalah bisa di redeem sebagian sebelum jatuh tempo. Selain itu, kupon yang ditawarkan juga mengambang mengikuti perkembangan suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate dengan kupon minimal.

“Jadi jika ada kenaikan pada bunga acuan, maka kupon SBR005 juga akan meningkat,” tambah dia.

Mitra distribusi penjualan SBR005 ungkap dia, adalah Bareksa, BCA, Investree, BTN, BNI, Tanamduit, BRI, PermataBank, Mandiri, Modalku, dan Trimegah.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA