Wapres Turki terima kunjungan pejabat kemanusiaan UE

Fuat Oktay dan Christos Stylianides membahas aksesi Turki ke UE, masalah migrasi, dan dana yang dijanjikan UE untuk pengungsi Suriah di Turki

Wapres Turki terima kunjungan pejabat kemanusiaan UE

ANKARA

Wakil Presiden Turki pada Senin menerima kunjungan komisaris Eropa untuk bantuan kemanusiaan dan manajemen krisis di Ankara.

Pertemuan tertutup antara Fuat Oktay dan Christos Stylianides dari Uni Eropa (UE) beserta tim delegasinya berlangsung di kompleks kepresidenan Turki.

Keduanya membahas proses aksesi Turki di UE serta masalah migrasi global, khususnya pengungsi Suriah di Turki dan dana Uni Eropa yang dialokasikan untuk warga Suriah di Turki.

Oktay dan Stylianides juga membahas bantuan kemanusiaan dan manajemen krisis, sekaligus menyepakati untuk mengadakan latihan gabungan evakuasi gempa bumi di Istanbul.

Pada Maret 2016, UE dan Turki mencapai kesepakatan untuk menghentikan migrasi ilegal melalui Laut Aegea dan memperbaiki kondisi pengungsi Suriah di Turki.

Uni Eropa menjanjikan dana sebesar USD7,44 miliar bagi para pengungsi, dan berjanji untuk memobilisasi tahap kedua (USD3,72 miliar) di akhir tahun 2018. Turki pun menuding Uni Eropa gagal menepati janjinya.

Turki menampung lebih dari 3,5 juta pengungsi Suriah, atau paling banyak dari negara lainnya di dunia. Turki telah menghabiskan dana lebih dari USD32 miliar dari anggarannya sendiri untuk membantu dan melindungi para pengungsi sejak awal perang sipil Suriah meletus.

Negara ini juga berupaya mencegah masuknya pengungsi besar-besaran ke negara lain di dunia, terutama ke Eropa.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA