Utusan AS untuk Afghanistan akan kunjungi Asia Selatan, Timur Tengah

Kunjungan dilakukan di tengah rencana dialog perdamaian langsung antara pemerintah Afghanistan dan Taliban

Utusan AS untuk Afghanistan akan kunjungi Asia Selatan, Timur Tengah

WASHINGTON 

Utusan AS untuk rekonsiliasi Afghanistan akan mengunjungi Afghanistan, Pakistan, Uni Emirat Arab dan Qatar bersama delegasinya akhir bulan ini, Departemen Luar Negeri mengumumkan pada Kamis, di tengah munculnya rencana dialog perdamaian.

Kunjungan Duta Besar Zalmay Khalilzad akan berlangsung dari 8 hingga 20 November dan akan membahas pembicaraan dengan para pejabat Afghanistan dan pihak lain yang berkepentingan untuk mewujudkan tujuan dialog dan perundingan intra-Afganistan dan Taliban untuk menuju perdamaian yang berkelanjutan.

"Sebuah perdamaian yang berkelanjutan mensyaratkan bahwa semua warga Afghanistan memiliki suara untuk masa depan negara mereka," kata departemen itu.

Menurut Departemen Luar Negeri, Khalilzad terdorong oleh langkah-langkah yang diambil oleh Kabul dan Taliban ke arah pengorganisasian tim perunding.

Dia menegaskan bahwa Washington tetap berkomitmen pada resolusi politik untuk mengakhiri perang dan ancaman teroris yang ditujukan ke Amerika Serikat dan dunia.

Perundingan perdamaian antara pemerintah Afghanistan dan Taliban yang diselenggarakan oleh Rusia akan dimulai pada Jumat akan menjadi negosiasi langsung pertama antara kedua pihak.

Meskipun diundang, AS menolak untuk berpartisipasi dengan alasan tidak adanya hasil signifikan dari pertemuan pertama di Moskow mengenai proses perdamaian ini.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA