Turki resmikan masjid terbesar di Djibouti Februari 2019

Masjid yang merupakan hadiah Turki untuk Djibouti itu dibangun sejak tahun lalu

Turki resmikan masjid terbesar di Djibouti Februari 2019

DJIBOUTI, Djibouti

Masjid terbesar di Afrika Timur yang dibangun di Djibouti akan diresmikan pada Februari 2019.

Masjid tersebut merupakan hadiah Turki untuk Djibouti. Turki Diyanet Foundation (TDV) membangun masjid itu sejak tahun lalu.

Dengan gaya arsitektur Ottoman klasik, masjid megah itu berdiri di area seluas 10.000 meter persegi dan menghadap Samudra Hindia.

"Kapasitas masjid itu mencapai 5.000 orang. Desain beberapa area terinspirasi dari Blue Mosque di Turki," jelas manajer proyek konstruksi, Furkan Kazim Yuksel, kepada Anadolu Agency.

Menurut Yuksel, sebagian besar bahan bangunan berasal dari Turki, termasuk batu-batu yang digunakan oleh bangunan bergaya Ottoman.


 Hadiah dari Turki 

Yuksel mengatakan hadiah itu merupakan tanda persahabatan Turki dengan Djibouti.

"Di zaman kuno, nenek moyang kami menjalin hubungan dengan orang-orang di wilayah ini, dan saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari proyek ini," kata dia.

Yuksel menambahkan, "Saya ingin anak-anak saya bangga,"

Duta Besar Turki untuk Djibouti Sadi Altinok mengatakan bahwa intervensi Turki di Djibouti - sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 1 juta orang - tidak berfokus pada militer, melainkan pada pengembangan dan dukungan kemanusiaan.

Selain masjid, Turki tengah melaksanakan beberapa proyek sosio-ekonomi yang ditujukan untuk kepentingan rakyat, misalnya pembangunan rumah sakit pediatrik dan bendungan air yang sudah mencapai 50 persen.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA