Turki peringati hari wafatnya pendiri Siprus Utara

Rauf Denktas, presiden pendiri Republik Turki Siprus Utara, meninggal dunia pada 13 Januari 2012

Turki peringati hari wafatnya pendiri Siprus Utara

ANKARA 

Turki pada Minggu memperingati tahun ketujuh wafatnya pendiri Republik Turki Siprus Utara Rauf Denktas, yang meninggal dunia pada 2012.

"Saya mengingat pendiri Republik Turki Siprus Utara dan pelopor gerakan Siprus, Presiden Rauf Denktas, pada tahun ketujuh kematiannya dengan rasa hormat dan simpati," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui Twitter.

"Kami dengan hormat memperingati wafatnya almarhum Rauf Raif Denktas, presiden pendiri Republik Turki Siprus Utara, pada tahun ketujuh kepergiannya," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Kementerian juga mengatakan bahwa Denktas telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk perjuangan bermartabat rakyat Siprus Turki untuk bertahan hidup serta membela perjuangan rakyat Siprus Turki untuk hak, kesetaraan dan kebebasan, dalam pandangan dan jiwa yang sama dengan tanah air Turki.

Menurut kementerian itu, Denktas akan selalu mempertahankan posisinya yang luar biasa di hati dan pikiran kita, sebagai seorang pemimpin yang meninggalkan jejaknya dalam sejarah.

"Kami akan terus mendukung sepenuhnya perjuangan Siprus Turki, yang diinspirasi oleh mendiang Denktas, untuk mencapai solusi yang adil dan abadi di Pulau itu," tambahnya.

Pulau Mediterania Timur mulai terbagi sejak 1974 ketika kudeta Siprus Yunani diikuti oleh kekerasan terhadap etnis Turki dan intervensi Ankara sebagai kekuatan penjamin.

Hingga saat ini, kemerdekaan Republik Turki Siprus Utara, yang dideklarasikan pada 15 November 1983, hanya diakui oleh Turki.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA