Turki peringati Hari Kerja Jurnalis

Presiden Erdogan berharap media Turki menyadari tugasnya dengan memberikan informasi secara benar dan bisa berkontribusi pada demokrasi

Turki peringati Hari Kerja Jurnalis

ANKARA

Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingati 10 Januari sebagai Hari Kerja Jurnalis dengan ragam acara di seluruh negeri.

"Pemberian informasi yang lengkap, tidak memihak, dan benar kepada publik dan perlindungan hak warga negara kami untuk mendapatkan berita, sangat penting dari sudut fungsionalitas demokrasi kita," kata Erdogan lewat Twitter miliknya.

Dia berharap media Turki akan menyadari tugasnya dan memberi informasi dengan benar sekaligus berkontribusi pada demokrasi dengan mempertimbangkan etika profesional dan kepekaan bangsa.

Erdogan juga berharap rahmat Allah kepada para jurnalis yang meninggal saat melakukan tugas mereka.

Ibu negara Emine Erdogan, juga memberi selamat kepada semua pekerja media lewat akun Instagram-nya.

Dia mengatakan wartawan bekerja dalam kondisi sulit di setiap bagian dunia untuk mewujudkan tugas mereka membuat jurnalisme yang benar, tidak memihak, nyata dan etis.

"Dari juru kamera hingga wartawan, dari fotografer hingga editor, semua pekerja media membuka jendela dunia yang tidak dapat kita jangkau. Saya berterima kasih kepada mereka semua dari hati," kata Erdogan.

Di Bursa bagian barat, sekelompok siswa mengunjungi Anadolu Agency cabang Bursa dan merayakan dengan memotong kue dengan nama agensi yang tertulis di atasnya.

Direktur Regional Anadolu Agency Bursa Zafer Akpinar menjawab pertanyaan siswa tentang jurnalisme.

Hari Kerja Jurnalis telah dirayakan sejak 1961 di Turki untuk menghormati hak-hak jurnalis.

* Sinan Balcikoca berkontribusi pada kisah ini dari Bursa

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA