Turki keluarkan surat penangkapan untuk 111 tersangka FETO

35 prajurit aktif ada di antara tersangka

Turki keluarkan surat penangkapan untuk 111 tersangka FETO

ANKARA, Turki

Para jaksa penuntut di kejaksaanTurki mengeluarkan surat perintah penangkapan pada Senin untuk 111 orang termasuk tentara aktif di seluruh negeri karena mereka dicurigai terkait dengan Organisasi Teror Fetullah (FETO), kelompok di balik upaya kudeta yang gagal 2016 lalu.

Kepala Kantor Kejaksaan Umum Ankara mengeluarkan surat perintah untuk 64 tersangka - 55 perwira non-komisi termasuk 35 serdadu aktif - dalam Angkatan Darat dan Kepolisian.

Sembilan tersangka lainnya diyakini sebagai bagian kelompok terror yang merupakan para imam. Para tersangka dituduh berkomunikasi dengan kelompok teror melalui telepon berbayar.

Kepala Kantor Kejaksaan Umum Balikesir juga mengeluarkan surat perintah penangkapan di 14 provinsi termasuk Republik Turki Siprus Utara untuk 27 tersangka sebagai bagian dari penyelidikan terhadap FETO.

Di provinsi Canakkale barat, surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk 20 tersangka FETO sebagai bagian dari penyelidikan terhadap struktur kripto kelompok teror di dalam Angkatan Bersenjata Turki.

Pencarian para tersangka FETO sedang dilakukan di seluruh negeri.

FETO dan pemimpinnya di AS, Fetullah Gulen mengatur kudeta yang kalah 15 Juli 2016, yang menyebabkan 251 orang menjadi martir dan hampir 2.200 orang terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di belakang kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi institusi Turki, khususnya militer, polisi, dan peradilan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA