Trump isyaratkan pengiriman kembali pasukan ke Suriah jika diperlukan

"Kita bisa kembali dengan sangat cepat," kata presiden Amerika Serikat

Trump isyaratkan pengiriman kembali pasukan ke Suriah jika diperlukan

WASHINGTON

Presiden Donald Trump menegaskan bahwa Amerika Serikat (AS) akan mengembalikan pasukannya ke Suriah jika Daesh kembali beroperasi di negara yang dilanda perang itu.

"Kami akan kembali jika perlu," kata Trump kepada CBS News ketika ditanya tentang kemungkinan kebangkitan kelompok teror.

“Kami memiliki pesawat terbang yang sangat cepat, kami memiliki pesawat kargo yang sangat bagus. Kita bisa kembali dengan sangat cepat,” tegasnya dalam pernyataan yang direkam pada Jumat dan ditayangkan menjelang Super Bowl, Minggu.

Trump menunjuk instalasi militer di Irak, yang dapat digunakan AS untuk memfasilitasi operasi jika diperlukan.

"Sejumlah pasukan AS yang saat ini ditempatkan di Suriah akan dikirim ke pangkalan itu, sementara yang lain akan kembali ke rumah," ujarnya.

Pernyataan tersebut disampaikan menyusul pengumumannya pada Desember bahwa AS akan keluar dari Suriah setelah mengklaim kekalahan Daesh di tangan koalisi internasional yang dipimpinnya.

Di tengah tekanan dari dalam pemerintahannya dan dari anggota parlemen AS, Trump mengisyaratkan bahwa penarikan mundur dilakukan dengan perlahan dan sangat terkoordinasi.

CNN melaporkan bahwa sebuah laporan Pentagon diperkirakan akan dirilis pada awal minggu depan, memperingatkan bahwa Daesh dapat mendapatkan kembali wilayah yang pernah dikuasainya dalam waktu enam bulan hingga satu tahun jika AS mengurangi tekanan militer pada kelompok itu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA