Sudan akan bebaskan wartawan yang ditahan segera

Sekitar 13 wartawan ditangkap oleh otoritas Sudan

Sudan akan bebaskan wartawan yang ditahan segera

KHARTOUM, Sudan 

Otoritas Sudan akan membebaskan semua jurnalis yang ditahan “dalam beberapa jam mendatang”, menurut pejabat Sudan pada Sabtu.

“Semua jurnalis yang ditahan dalam insiden baru-baru ini akan dibebaskan,” ujar Mamoun Hasan Ibrahim, menteri negara di Kementerian Informasi, dalam pernyataan yang dirilis oleh kantor berita resmi SUNA.

Namun, dia tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Pada Rabu, Presiden Omar al-Bashir berjanji untuk membebaskan semua wartawan yang ditangkap oleh pasukan keamanan selama protes anti-rezim baru-baru ini di negara itu.

Sejak demonstrasi yang meletus di seluruh Sudan pada 19 Desember, sejumlah wartawan ditangkap - atau dipanggil untuk diinterogasi - oleh dinas keamanan, menurut organisasi non-pemerintah Jaringan Jurnalis Sudan.

LSM tersebut menyebutkan total ada 13 wartawan yang ditahan, termasuk Adam Mahdi, yang dilaporkan telah ditampar dan dihukum penjara tiga bulan.

Pejabat Sudan mengatakan sekitar 31 orang tewas sejak protes yang dimulai hampir dua bulan lalu, meski oposisi memperkirakan jumlahnya mendekati 50 orang.

Bulan lalu, al-Bashir - yang berkuasa sejak 1989 - berjanji untuk melakukan reformasi ekonomi yang mendesak di tengah seruan protes oposisi.

Dengan jumlah penduduk 40 juta orang, Sudan telah berjuang untuk pulih dari kehilangan sekitar tiga perempat produksi minyaknya - sumber utama ekonomi - menyusul pemisahan diri Sudan Selatan pada 2011.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA