Senat nantikan keputusan Trump tentang kasus Khashoggi

Batas 120 hari yang ditetapkan oleh Global Magnitsky Act akan berakhir pada 8 Februari

Senat nantikan keputusan Trump tentang kasus Khashoggi

WASHINGTON

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diperkirakan akan mengumumkan keputusan apakah putra mahkota Arab Saudi bertanggung jawab atas kematian jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, pada Jumat.

Dalam sepucuk surat yang ditujukan kepada Trump pada 10 Oktober 2018, senator terkemuka Bob Corker dari Partai Republik dan Bob Menendez dari Partai Demokrat meminta penyelidikan atas pembunuhan mendiang Khashoggi di bawah Undang-Undang Pertanggungjawaban HAM Global Magnitsky, yang akan berakhir pada Jumat .

Undang-undang tersebut mengharuskan Trump untuk menentukan apakah orang asing bertanggung jawab atas pembunuhan di luar proses hukum, penyiksaan, atau pelanggaran berat lainnya terhadap hak asasi manusia yang diakui secara internasional terhadap seorang individu yang melakukan kebebasan berekspresi.

Menurut undang-undang, presiden AS juga diharuskan untuk melapor ke Komite Hubungan Luar Negeri Senat dalam 120 hari setelah pembunuhan, dengan penetapan dan keputusan tentang pengenaan sanksi terhadap orang asing.

Namun, menurut media setempat, Gedung Putih diperkirakan akan menghindari tindakan yang menuduh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman secara langsung.

Khashoggi, seorang kontributor Washington Post, terbunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah menghasilkan berbagai penjelasan yang bertentangan, Riyadh mengakui bahwa dia terbunuh di dalam gedung konsulat, menyalahkan tindakan itu pada operasi rendisi yang gagal.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA