Presiden Makedonia puji kebijakan pengungsi Turki

"Orang-orang Turki telah menunjukkan rasa kemanusiaan mereka dengan membuka pintu bagi 4 juta warga Suriah," kata Gjorge Ivanov

Presiden Makedonia puji kebijakan pengungsi Turki

ISTANBUL

Presiden Makedonia Gjorge Ivanov memuji Turki atas kebijakan pintu terbukanya di sela-sela sebuah pertemuan di Istanbul pada Kamis.

"Orang-orang Turki telah menunjukkan kemanusiaan mereka dengan membuka pintu bagi 4 juta warga Suriah," ujar Ivanov dalam konferensi bertajuk Segitiga Bermuda Eropa, Mengubah Keseimbangan di Balkan dan Turki.

"Turki juga selalu membuka pintunya bagi para migran yang datang dari Kaukasus dan Balkan," katanya.

Mengkritik negara-negara Eropa atas sikap mereka terhadap pengungsi, dia mengatakan Islamophobia muncul sejak Eropa menerima 1 juta pencari suaka.

"Tapi tidak ada yang bertanya pada Turki berapa banyak uang yang dihabiskan untuk para pencari suaka sejauh ini," ujar Ivanov.

Turki menampung lebih banyak pengungsi Suriah daripada negara lain di dunia.

Negara itu telah menghabiskan lebih dari USD32 miliar (321,4 triliun rupiah) dari sumber daya nasionalnya sendiri untuk membantu dan melindungi para pengungsi sejak awal perang saudara Suriah.

Mengingat sikap Kekaisaran Ottoman terhadap orang-orang dengan budaya dan bahasa yang berbeda, Ivanov mengatakan ada rasa hormat dan pengertian selama Kekaisaran Ottoman.

“Ini berarti menghormati agama dan tradisi masyarakat yang berbeda. Warisan ini yang telah mendirikan Makedonia,” tambahnya

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA