Presiden Iran: ‘Kami akan hasilkan 95 persen obat-obatan’

Rouhani mengungkapkan kini 40 tahun setelah revolusi, pemerintah telah meraih kemajuan besar di bidang kesehatan

Presiden Iran: ‘Kami akan hasilkan 95 persen obat-obatan’

TEHERAN

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan sebanyak 95 persen kebutuhan obat-obatan negara tersebut akan diproduksi oleh pihak lokal.

Rouhani berpidato di parlemen pada saat berlangsungnya program pemungutan suara untuk pergantian menteri kesehatan selepas mundurnya Hasan Gazizade Hashimi dari jabatannya.

Rouhani mengungkapkan 40 tahun setelah revolusi pemerintah telah meraih kemajuan besar di bidang kesehatan.

Dia menyatakan bahwa jumlah dokter sebelum tahun 1979 hanya 14 ribu, kini jumlah tersebut meningkat menjadi 140 ribu.

Selain itu, jumlah mahasiswa yang belajar di fakultas kedokteran kini mencapai 6.100 orang, padahal di periode sebelumnya hanya 600 orang.

"Kami akan menghasilkan 95 persen kebutuhan obat-obatan kami, sedang sisa 5 persen lainnya akan kami impor,” ujar Rouhani.

Presiden Iran Rouhani menyebut sebelum masa revolusi, 75 persen kebutuhan obatan negaranya di dapatkan dari impor, 25 persen lainnya diproduksi di dalam negeri.

“Dengan memberikan lebih banyak peluang di bidang ini, kita bisa menjadi negara pengekspor obat-obatan di kawasan," ungkap dia.

Sebelum revolusi, tutur Rouhani, jumlah tempat tidur di rumah sakit hanya 55 ribu, kini kini jumlah tersebut meningkat menjadi 129.600 tempat tidur. Sementara jumlah pusat kesehatan di seluruh negeri meningkat dari 500 ribu menjadi 18 ribu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA