PBB, Lebanon, Israel bahas sengketa perbatasan

Israel melancarkan operasi militer untuk menghancurkan terowongan lintas perbatasan yang diduga digali oleh Hizbullah pada Selasa

PBB, Lebanon, Israel bahas sengketa perbatasan

YERUSALEM

Para pejabat militer dari Lebanon, Israel, dan Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) bertemu pada Rabu untuk membahas perkembangan situasi di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

Channel 10 Israel menyebutkan pertemuan itu berlangsung di markas besar PBB di Ras an-Nakura di perbatasan Israel-Lebanon.

Pertemuan itu membahas perkembangan situasi setelah militer Israel melancarkan operasi militer untuk menghancurkan terowongan lintas perbatasan yang diduga digali oleh Hizbullah pada Selasa.

Lewat sebuah pernyataan, Mayor Jenderal Stefano Del Col, kepala misi UNIFIL, mengatakan bahwa tim teknis akan dikirim ke Israel untuk menyelidiki tudingan atas Israel tersebut.

Dia menekankan pentingnya memastikan akses penuh UNIFIL di sepanjang Garis Biru, garis yang dibuat oleh PBB pada tahun 2000 untuk menandai penarikan Israel dari selatan Lebanon.

Komandan UNIFIL mengimbau kedua belah pihak untuk menahan diri dari mengambil tindakan sepihak yang dapat memperburuk situasi.

Saat ini pasukan UNIFIL tengah meninjau komitmen kedua belah pihak terhadap kesepakatan di perbatasan.

Pada 2006, Israel melancarkan perang melawan Hizbullah, di mana sedikitnya 1.200 orang - sebagian besar warga sipil Lebanon - tewas.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA