PBB desak penyelidikan internasional atas pembunuhan Khashoggi

Komisioner tinggi PBB untuk HAM menampik tudingan bahwa PBB tak bertindak apa-apa, karena PBB tidak memiliki yurisdiksi untuk bertindak sendiri

PBB desak penyelidikan internasional atas pembunuhan Khashoggi

JENEWA

Kepala Hak Asasi Manusia PBB mengatakan pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, pada 2 Oktober di Istanbul harus melalui penyelidikan internasional.

“Kami mendesak penyelidikan internasional atas kasus Khashoggi. Namun kami tidak memiliki yurisdiksi untuk penyelidikan kriminal,” kata Michelle Bachelet, komisioner tinggi PBB untuk hak asasi manusia, di Jenewa.

"Saya yakin [penyelidikan internasional] sangat diperlukan untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi dan siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan keji itu," tambah dia.

Bachalet pun menampik tudingan bahwa PBB tak bertindak apa-apa, karena mereka tengah menunggu "informasi rinci".

Menurut dia, PBB tidak dapat bertindak berdasarkan laporan yang belum dikonfirmasi dan PBB tidak memiliki yurisdiksi untuk bertindak sendiri.

“Sedikitnya 7.000 warga sipil terperangkap di daerah-daerah yang dikuasai Daesh. Warga sipil di wilayah tersebut digunakan sebagai alat tawar-menawar, namun pada akhirnya merekalah yang paling menderita akibat perang saudara di Suriah," ujar Bachalet mengenai situasi di Deir ez-Zor, timur Suriah.

Khashoggi, jurnalis Washington Post, dibunuh pada 2 Oktober sesaat setelah dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA