Pasukan Turki lumpuhkan 50 teroris pada Januari

Tentara Turki juga menyita banyak senjata dalam operasi melawan teroris PKK dan Daesh

Pasukan Turki lumpuhkan 50 teroris pada Januari

ANKARA

Sekitar 50 teroris dilumpuhkan pada bulan pertama 2018, selama operasi keamanan internal di seluruh Turki, kata Kementerian Dalam Negeri pada Senin.

Menurut sebuah pernyataan dari kementerian, para teroris yang dilumpuhkan mencakup empat orang tewas, 23 ditangkap hidup-hidup atau terluka dan 23 orang menyerah dalam hampir 9.500 operasi yang dilakukan pada Januari.

Pihak berwenang Turki sering menggunakan kata "menetralisir" dalam pernyataan mereka untuk menyiratkan bahwa teroris yang dimaksud menyerah, terbunuh atau ditangkap.

"Sebanyak 44 orang dari teroris tersebut adalah anggota PKK dan enam dari mereka adalah anggota Daesh," kata pernyataan itu.

Pernyataan itu menambahkan bahwa sebanyak 21.423 orang telah ditangkap karena kejahatan membantu dan bersekongkol dengan kelompok-kelompok teror, hubungan dengan para teroris, narkoba dan perdagangan manusia.

Selama operasi, pasukan Turki juga menghancurkan 108 tempat perlindungan dan gua serta 30 bahan peledak dan ranjau rakitan.

Mereka juga menyita satu ton bahan peledak dan lebih dari 9.000 amunisi.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas tewasnya hampir 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA