Pakistan ajak Turki bergabung dalam megaproyek senilai USD64 miliar

CPEC akan menghubungkan provinsi strategis Xinjiang di barat laut China ke Pelabuhan Gwadar Pakistan

Pakistan ajak Turki bergabung dalam megaproyek senilai USD64 miliar

ISLAMABAD, Pakistan

Pakistan mengajak Turki untuk bergabung dengan proyek multi-miliar dolar, Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) yang akan menguntungkan kedua negara.

"Pakistan sangat menghargai hubungannya dengan Turki. Pemerintah baru ingin memperkuat hubungan Islamabad dengan Ankara," kata Ketua Majelis Nasional Pakistan Asad Qaiser kepada Duta Besar Turki untuk Pakistan Ihsan Mustafa Yurdakul, saat keduanya bertemu di gedung parlemen di Islamabad.

CPEC, megaproyek senilai USD64 miliar yang ditandatangani pada 2014 bertujuan menghubungkan provinsi strategis Xinjiang di barat laut China ke Pelabuhan Gwadar Pakistan melalui jalan raya, jalur rel kereta api, dan jalur pipa untuk mengangkut kargo, minyak, dan gas.

Koridor ekonomi itu tidak hanya akan memberi China akses yang lebih murah ke Afrika dan Timur Tengah, tetapi juga akan menghasilkan miliaran dolar bagi Pakistan yang menyediakan fasilitas transit ke ekonomi terbesar kedua di dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Dubes Turki untuk Pakistan juga berjanji memperkuat hubungan dengan Pakistan.

"Orang-orang Turki selalu menganggap Pakistan sebagai rumah kedua mereka. Kami ingin melihat negara ini selalu kuat dan makmur," ujar Yurdakul.

Dia juga mengundang Qaiser untuk menghadiri League of Parliamentarian Conference kedua untuk Al-Quds yang akan digelar pada 14 Desember di Istanbul.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA