Kebakaran paling mematikan di California berhasil dipadamkan

Menurut kantor Sheriff Butte County, hingga saat ini, sebanyak 249 orang masih dinyatakan hilang

Kebakaran paling mematikan di California berhasil dipadamkan

WASHINGTON

Kebakaran hutan di California, yang juga dikenal sebagai Camp Fire, dan telah memakan banyak korban jiwa dan membakar habis ribuan bangunan telah 100 persen dipadamkan.

Kebakaran yang melalap wilayah California Utara itu menjadi kebakaran paling mematikan dan destruktif sepanjang sejarah negara bagian itu.

Camp Fire telah menewaskan sebanyak 85 orang dan melukai tiga petugas pemadam kebakaran.

Selain itu, lahan seluas 153.000 acre, 14.000 rumah, dan 5.000 bangunan juga hangus terbakar.

Menurut kantor Sheriff Butte County, hingga saat ini, sebanyak 249 orang masih dinyatakan hilang.

Selama beberapa hari terakhir, petugas pemadam kebakaran dan pemerintah setempat berusaha semaksimal mungkin memadamkan api dan menemukan orang-orang yang hilang.

"Kami bahkan tidak sempat libur," ujar Sheriff Butte County Kory Honea saat Thanksgiving Day.

Meskipun pejabat setempat belum mengumumkan penyebab kebakaran, namun para peneliti mengatakan perubahan iklim yang disertai penebangan hutan menjadi pemantiknya.

“Api menyebar sangat cepat di area penebangan, sehingga orang-orang tak punya cukup waktu untuk mengungsi," jelas Chad Hanson, seorang ahli ekologi kebakaran.

Woolsey Fire yang melanda California Selatan juga telah menewaskan tiga orang dan melukai tiga petugas pemadam kebakaran.

Api dapat dikendalikan sepenuhnya pada Rabu, setelah membakar lahan seluas 97.000 acre dan menghancurkan 1.500 bangunan.

Kebakaran kerap melanda California selama musim panas dan berlangsung hingga sekitar pertengahan Oktober, namun para ahli memperkirakan kebakaran kali ini akan terjadi sepanjang tahun.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA