Jerman: Kramp-Karrenbauer terpilih sebagai penerus Merkel

Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU) memilih loyalis Merkel, Kramp-Karrenbauer sebagai pemimpin baru partai

Jerman: Kramp-Karrenbauer terpilih sebagai penerus Merkel

BERLIN

Kandidat yang didukung Kanselir Angela Merkel, Annegret Kramp-Karrenbauer terpilih sebagai pemimpin baru partai berkuasa Persatuan Demokrat Kristen (CDU).

Dalam pemilihan yang sengit pada Jumat lalu, politisi konservatif berusia 56 tahun itu memenangi 517 suara dari delegasi CDU, pada konferensi partai di Hamburg.

Saingan utamanya, Friedrich Merz mendapatkan 482 suara. Merz kerap mengkritik kebijakan Merkel terkait pengungsi.

Sebelumnya pada Jumat, Kramp-Karrenbauer menyerukan delegasi CDU agar lebih berani dan percaya diri mengatasi tantangan di abad ke-21, memperkuat Uni Eropa, dan membela “rules-based international order”.

Sementara itu, Merz mengkritik kebijakan Merkel yang membuka pintu bagi pengungsi dan menyerukan “awal baru” untuk CDU, diikuti strategi baru tentang berbagai isu politik.

Merz berjanji memenangkan kembali pemilih CDU setelah partai ini kalah dari partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD).

Pada Oktober lalu, Merkel yang telah memimpin CDU selama 18 tahun, mengumumkan tidak akan mencalonkan diri sebagai pemimpin CDU di tengah kekalahan besar partainya dalam pemilihan umum regional.

Namun Merkel menegaskan akan tetap menjadi kanselir hingga masa jabatannya berakhir pada 2021. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA