Iran: AS akan menyesal jatuhkan sanksi

Rakyat Iran - bukan pemerintah - yang akan menanggung beban sanksi dari AS

Iran: AS akan menyesal jatuhkan sanksi

TEHERAN

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan bahwa pemerintah Amerikat Serikat lambat laun akan sadar bahwa kebijakan anti-Iran tidak akan membawa hasil yang diinginkan.

"Pemerintahan Donald Trump akan menyesal mengambil langkah-langkah konyol ini," ujar dia.

"Presiden AS terdahulu mengubah sikap mereka terhadap Iran sejalan dengan waktu. Pemerintahan Trump harus memahami bahwa kebijakan anti-Irannya sia-sia dan karena itu harus diubah," tambah Zarif.

Hanya Israel dan beberapa negara kecil lainnya yang mendukung sanksi AS, yang ditentang oleh sebagian besar komunitas internasional.

Zarif juga mengatakan rakyat Iran - bukan pemerintah - yang akan menanggung beban sanksi, meskipun pemerintah telah melakukan upaya intens untuk mengurangi dampak sanksi.

"Saya meyakinkan rakyat bahwa seluruh upaya yang diperlukan telah dilakukan, baik di Dewan Menteri maupun institusi terkait lainnya," kata dia lagi.

"Hari-hari gelap menanti pemerintahan AS. Washington bahkan belum bisa meyakinkan rakyatnya sendiri bahwa kebijakan pemerintahannya mampu melayani kepentingan mereka," tandas Menlu Iran.

“Pemerintahan ini tidak mempertimbangkan kepentingan nasionalnya sendiri, melainkan hanya melayani kelompok kecil. Mereka bahkan menutup-nutupi pembunuhan yang dilakukan oleh Arab Saudi dan Israel," ujar Zarif.

Pada Senin, AS menjatuhkan sanksi putaran kedua, yang khususnya menargetkan sektor energi, perkapalan, dan keuangan Iran. 

*Ali Murat Alhas turut melaporkan dari Ankara

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA