IIhan Omar, Rashida Tlaib, dua perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres AS

PM Somalia menyebut kemenangan Omar sebagai inspirasi bagi pemuda-pemudi Somalia, di mana pun mereka berada

IIhan Omar, Rashida Tlaib, dua perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres AS

JOHANNESBURG

Sejumlah pemimpin partai politik dan aktivis Afrika pada Rabu mengucapkan selamat kepada Ilhan Omar, warga keturunan Somalia Amerika pertama yang terpilih di Kongres AS.

“Selamat untuk IIhan Omar. Kemenangan Anda adalah kemenangan orang-orang Somalia,” kata Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khaire lewat Twitter-nya, Rabu.

Dia menyebut kemenangan Omar sebagai inspirasi bagi pemuda-pemudi Somalia, di mana pun mereka berada.

Utusan khusus UNHCR untuk Tanduk Afrika Mohamed Abdi Affey, mengatakan bahwa terpilihnya Omar - yang merupakan mantan pengungsi - menjadi sumber inspirasi dan harapan bagi jutaan pengungsi di seluruh dunia.

Omar, 36, menghabiskan bertahun-tahun di kamp pengungsi Dadaab di Kenya sebelum pindah ke Amerika Serikat dan kemudian bergabung dengan Partai Demokrat.

Pada 2016, dia terpilih sebagai anggota Partai Buruh Petani Demokratis di Dewan Perwakilan Rakyat Minnesota, membuatnya menjadi legislator Somalia-Amerika pertama di Amerika Serikat.

“Sebelumnya, belum pernah ada perempuan Muslim di Kongres Amerika. Ini kemenangan bagi Muslim, Afrika, dan Timur Tengah,” kata aktivis Somalia Mohammed Aden kepada Anadolu Agency melalui telepon.

Omar dan Rashida Tlaib dari negara bagian Michigan mencatat sejarah baru dengan memenangkan kursi di parlemen sekaligus menjadikan mereka sebagai perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres AS. 

Tlaib memenangkan kursi kongres untuk distrik 13 Michigan setelah mantan representatif, John Conyers, tiba-tiba mengundurkan diri karena tuduhan pelecehan seksual.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA