Harga minyak turun usai Trump sampaikan pidato kenegaraan

Negosiasi perdagangan putaran baru antara pejabat Amerika dan China akan dimulai di Beijing pekan depan

Harga minyak turun usai Trump sampaikan pidato kenegaraan

ANKARA

Harga minyak sedikit menurun pada Rabu, setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan keinginannya untuk memperbaiki hubungan perdagangan dengan China selama pidato kenegaraannya pada Selasa.

Minyak mentah Brent yang dipakai sebagai harga acuan internasional diperdagangkan pada USD61,95 per barel pada 0640 GMT, dan mengalami penurunan 0,2 persen, setelah ditutup pada USD62,11 per barel pada Selasa.

Sementara itu, minyak mentah berjangka Amerika West Texas Intermediate diperdagangkan pada USD53,66 per barel, setelah ditutup pada USD53,79 per barel sehari sebelumnya.

Dalam pidatonya, Trump menyatakan bahwa China telah mengambil keuntungan kebijakan perdagangan dari AS selama beberapa dekade.

"Kesepakatan perdagangan baru dengan Beijing memerlukan perubahan struktural yang nyata untuk mengakhiri praktik perdagangan, mengurangi defisit perdagangan, dan melindungi lapangan pekerjaan di Amerika," kata dia di hadapan Kongres di Washington.

"Selama bertahun-tahun China menargetkan industri kami dan mencuri kekayaan intelektual dan lapangan pekerjaan kami," tandas Trump.

Negosiasi perdagangan putaran baru antara pejabat Amerika dan China akan dimulai di Beijing pekan depan.

Pekan lalu, Trump mengatakan perundingan antara dua ekonomi terbesar dunia "berjalan baik dengan niat dan semangat baik di antara kedua pihak".

Dia juga mengakui bahwa tidak ada kesepakatan yang akan dibuat sampai dia bertemu langsung dengan Presiden China Xi Jinping.

Pada 1 Desember, kedua pemimpin sepakat tidak akan mengenakan tarif timbal balik lebih lanjut untuk jangka waktu 90 hari. Tarif impor AS untuk China akan meningkat sebesar 25 persen per 1 Maret.

Jika keduanya gagal mencapai kesepakatan perdagangan bilateral, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan permintaan minyak, sehingga akhirnya mendorong turunnya harga minyak mentah.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA