Guler Sabanci, perempuan paling berpengaruh versi Majalah Forbes

Guler Sabanci adalah perempuan pertama yang mengelola Sabanci Holding, yang bergerak di bidang perbankan, energi, retail, dan asuransi

Guler Sabanci, perempuan paling berpengaruh versi Majalah Forbes

ANKARA

Majalah Forbes menyebut pebisnis Turki, Guler Sabanci, sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia.

Sabanci, chairman sekaligus direktur pelaksana Sabanci Holding, perusahaan terbesar kedua Turki, berada di peringkat 64 dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh versi Forbes.

Dia adalah perempuan pertama yang mengelola Sabanci Holding, yang bergerak di bidang perbankan, energi, retail, dan asuransi.

Sabanci merupakan salah satu pendiri Sabanci University dan kini menjabat sebagai ketua Sabanci Foundation, lembaga amal swasta terbesar di Turki.

Ketika percobaan kudeta meletus di Turki pada 2016, perusahaan itu membantu pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara baru, yang saat ini terbesar di Turki.

Dalam daftar itu, Kanselir Jerman Angela Merkel dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di dunia.

Merkel menempati puncak daftar tersebut selama delapan tahun berturut-turut, atau sebanyak 13 kali secara keseluruhan.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May menempati urutan kedua, diikuti oleh Christine Lagarde, direktur pengelola Dana Moneter Internasional, di urutan ketiga.

Daftar perempuan paling berpengaruh di dunia itu mencakup enam kategori: bisnis, teknologi, keuangan, media dan hiburan, politik dan kebijakan, dan filantropi.

Forbes menerapkan indikator uang, media, dampak, dan lingkup pengaruh untuk menentukan peringkat mereka. 


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA