EU27 setujui kesepakatan Brexit, deklarasi politik

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mendukung kesepakatan itu yang menurutnya adalah kesepakatan terbaik bagi Inggris

EU27 setujui kesepakatan Brexit, deklarasi politik

ANKARA

27 anggota Uni Eropa telah menyetujui kesepakatan Brexit pada Minggu.

"EU27 telah mengesahkan Kesepakatan Penarikan dan Deklarasi Politik mengenai hubungan UE-Inggris di masa depan," cuit Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Pada Minggu, para pemimpin negara-negara Uni Eropa bertemu di Brussel untuk menyelesaikan penarikan Inggris dari Uni Eropa.

Usai pertemuan, dewan menyatakan bahwa mereka mengundang institusi-institusi Uni Eropa - termasuk Parlemen Eropa - untuk “mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna memastikan bahwa kesepakatan dapat mulai berlaku pada 30 Maret 2019, sehingga penarikan dapat berlangsung dengan teratur".

"Dewan Eropa menyatakan kembali tekad UE untuk tetap menjalin kemitraan dengan Inggris di masa depan sejalan dengan Deklarasi Politik," kata pernyataan itu.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan dia akan mendukung kesepakatan karena itu adalah kesepakatan terbaik bagi Inggris.

“Saya sedih karena menyaksikan Inggris meninggalkan UE. Kami mengupayakan segala hal agar penarikan ini berjalan dengan teratur," ujar dia.

"Ini adalah kesepakatan terbaik dan Uni Eropa tidak akan mengubah posisi fundamentalnya mengenai masalah. Saya pikir parlemen Inggris, sebagai parlemen yang bijaksana, akan meratifikasi kesepakatan ini," tambah presiden Komisi Eropa itu.

House of Commons Inggris dan Parlemen Uni Eropa akan mengadakan pemungutan suara untuk kesepakatan akhir.

*Ahmet Gurhan Kartal turut melaporkan dari London

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA