Erdogan: Upaya melawan kelompok teror di Idlib akan terus berlanjut

Presiden Turki menekankan perlunya perjuangan bersama melawan kelompok-kelompok teroris di Idlib Suriah

Erdogan: Upaya melawan kelompok teror di Idlib akan terus berlanjut

ANKARA

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Rabu mengatakan upaya melawan organisasi teroris di Idlib Suriah akan terus berlanjut.

"Pertarungan bersama melawan organisasi teroris di Idlib Suriah akan berlanjut," ungkap Erdogan dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

September lalu, setelah pertemuan antara Erdogan dan Putin, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi di Idlib, Suriah.

Di bawah kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi di Idlib akan tetap berada di daerah-daerah di mana mereka sudah hadir, sementara Rusia dan Turki melakukan patroli bersama di daerah itu untuk mencegah pertempuran baru.

Presiden Turki menekankan perlunya perjuangan bersama melawan kelompok-kelompok teroris, yang katanya, bertujuan untuk merusak kerja sama Turki-Rusia.

"Sangat penting bahwa kekosongan selama penarikan pasukan Amerika Serikat dari Suriah, yang dapat dieksploitasi oleh teroris, tidak terjadi," kata Erdogan.

“AS akan mengambil langkah-langkah untuk mengancam wilayah di Suriah, yang kedalamannya 30 km. Kami berada di posisi yang sama dengan Rusia soal masalah ini,” tambahnya.

Erdogan mengatakan para menteri dan pejabat Turki telah melakukan perundingan tentang zona aman di Suriah utara.

"Sensitivitas daerah yang mengancam kita sangat penting," ujarnya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA