AS: Tak ada bukti campur tangan asing dalam pemilu paruh waktu

Pada September 2018, Trump memerintahkan Departemen Kehakiman dan Departemen Keamanan memberikan evaluasi mereka tentang pemilu paruh waktu

AS: Tak ada bukti campur tangan asing dalam pemilu paruh waktu

WASHINGTON

Sebuah laporan gabungan yang diserahkan oleh Departemen Kehakiman dan Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat kepada Presiden Donald Trump menekankan bahwa pemerintah asing "tidak memiliki dampak material" pada pemilihan umum paruh waktu 2018.

Laporan itu diserahkan pada Senin, namun rinciannya masih dirahasiakan. Kedua departemen kemudian merilis sebuah pernyataan untuk memberitahukan temuan utamanya ke publik.

"Hingga saat ini tidak ada bukti bahwa setiap kegiatan yang diidentifikasi dari pemerintah atau badan asing memiliki dampak material pada integritas atau keamanan infrastruktur pemilu atau politik atau kampanye dalam pemilihan paruh waktu 2018 untuk Kongres Amerika Serikat," begitu bunyi pernyataan tersebut.

Pada 21 Desember, Direktur Intelijen Nasional Dan Coats mengatakan bahwa Rusia, China, dan Iran berusaha mempengaruhi para pemilih dalam pemilu 2018.

Laporan tersebut dikeluarkan menyusul perintah eksekutif Trump pada September 2018 yang menyerukan agar departemen menyampaikan evaluasi kepada mereka sebagai bagian dari sanksi potensial terhadap entitas yang mungkin berusaha mempengaruhi pemilihan umum AS.

Akhir bulan lalu, Coats memperingatkan dalam kesaksiannya bahwa China dan Rusia berusaha ikut campur dalam pemilihan presiden 2020.

Pernyataan itu juga menggarisbawahi bahwa laporan rahasia akan membantu melindungi pemilu dan infrastruktur politik / kampanye dari campur tangan asing.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA