AS: Jaksa cari hukuman substansial untuk Cohen

Pengakuan dari mantan pengacara Presiden AS Donal Trump ini tidak lantas menjadikannya seorang "pahlawan"

AS: Jaksa cari hukuman substansial untuk Cohen

WASHINGTON

Mantan pengacara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump harus menerima hukuman penjara yang cukup lama karena membayar uang suap kepada wanita atas nama Trump dan melakukan berbagai kejahatan yang berkaitan dengan keuangan, kata jaksa federal, Jumat.

Jaksa dari Distrik Selatan New York mengajukan memo hukuman untuk Michael Cohen dan menyarankan agar dia diberikan hukuman hingga 63 bulan penjara.

Cohen "mengatur pembayaran rahasia dan ilegal untuk membungkam dua wanita yang berencana mempublikasikan dugaan perselingkuhan mereka dengan Individu-1", kata memo itu, merujuk pada Trump.

"Dalam prosesnya, Cohen menipu publik voting dengan menyembunyikan fakta-fakta yang diduga akan memiliki efek substansial pada pemilihan [presiden 2016]."

Pekan lalu, Cohen juga mengaku bersalah karena berbohong kepada Kongres tentang pekerjaan yang dia lakukan pada sebuah proyek untuk membangun Menara Trump di Moskow.

Pada bulan Agustus, dia mengaku bersalah atas delapan kejahatan federal, termasuk penipuan pajak dan pernyataan palsu.

Sementara memo itu mencatat bahwa Cohen membantu penyelidikan yang dilakukan oleh penasihat khusus Robert Mueller tentang potensi kolusi oleh asosiasi kampanye Trump dengan para pejabat Rusia dalam pemilu 2016, jaksa mencatat bahwa informasi yang diberikan adalah berdasarkan "keputusan pribadi".

"Setelah menyontek IRS selama bertahun-tahun, berbohong kepada bank dan ke Kongres, dan berusaha untuk secara kejam mempengaruhi pemilihan Presiden, keputusan Cohen untuk mengaku bersalah tidak menjadikannya pahlawan," kata memo tersebut.

Cohen dijadwalkan akan dijatuhi hukuman Rabu oleh hakim distrik AS di Manhattan atas semua tuduhan. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA